Jumat, 04 November 2011

Masjid Nabawi Yang Megah

Masjid Nabawi adalah masjid kedua bagi umat Islam, setelah Masjidil Haram

Rumah dan Makam Nabi
Masjid Nabawi terletak di Madinah, kira-kira 480 km selatan Mekah. Dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun pertama Hijriah atau tahun 622 M. Nabawi berarti masjidku. Itulah yang sering dikatakan Nabi Muhammad untuk mengajak umatnya sholat di masjid ini. Masjid ini awalnya kecil saja. Tiangnya terbuat dari batang pohon kurma. Dindingnya terbuat dari lumpur. Rumah Nabi sendiri berada tak jauh dari masjid ini. Setelah Nabi Muhammad meninggal, masjid ini mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali. Rumah  Nabi yang didalamnya terdapat makam nabi pun terkena perluasan Masjid. Makam Nabi Muhammad sekarang berada di dalam masjid

Sangat Megah
Renovasi dan perluasan terakhir dilakukan pada tahun 1985 oleh Raja Fahd. Kini, Masjid Nabawi menjadi masjid yang besar dan megah. Masjid ini dapat menampung sekitar satu juta jamaah.

Kubah
Ciri kahas dari Masjid Nabawi adalah kubah berwarna hijau. Di bawah kubah ini terletak makam Nabi Muhammad. Masjid ini dilengkapi dengan 27 kubah lainnya. Kubah-kubah ini terbuat dari kerangka baja yang dilapisi kayuyang diukir dan dihiasi batu phirus. Bagian luar atasnya dilapisi keramik tahan panas. kubah-kubah itu dapat digeser dengan menggunakan tenaga listrik. Fungsinya sebagai ventilasi udara.

Payung Raksasa 
Di Masjid ini, ada dua ruang terbuka untuk ventilasi juga. Tiap ruangan dinaungi 6 payung raksasa. Payung ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis yang diatur oleh sistem komputer. Di "gagang payung" dipasangi AC. Payung raksasa sejenis ini terdapat di sekeliling halaman masjid. Payung ini terbuka pada pagi hari untuk melindungi jamaah dari terik matahari. Di sore hari payung ini tertutup kembali.

Menara

Ada 10 menara menghiasi masjid ini. Dua menara besar mengapit gerbang utama. Menara ini dilengkapi dengan sinar laser yang dapat memencarkan cahaya ke arah Mekah sejauh 50 kilometer. Sinar laser ini dinyalakn pada waktu sholat sebagai penunjuk arah kiblat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Design By:
SkinCorner